g Noah Band Official web | Berita NOAH Band | Info NOAH Band: Pelajaran dari NOAH: Mengganti Nama Band di Era Internet

TOP NEWS

Thursday, August 23, 2012

Pelajaran dari NOAH: Mengganti Nama Band di Era Internet

NOAH | Kiri ke kanan: David, Reza, Ariel, Uki, dan Lukman (Foto: Kapanlagi)NOAH | Kiri ke kanan: David, Reza, Ariel, Uki, dan Lukman (Foto: Kapanlagi)Dahulu, ketika sebuah band berganti nama, yang perlu mereka lakukan mungkin hanyalah meluangkan waktu untuk membuat rilis pers, atau mengundang perwakilan media massa (di luar urusan legal dan formal). Tapi kini zaman sudah berubah.

Di era Internet seperti sekarang, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan, terutama jika grup musik bersangkutan sudah terbiasa memanfaatkan Internet untuk berkomunikasi dengan para penggemar.

Yang dilakukan oleh Ariel dan kawan-kawannya belum lama ini saat mengganti nama band mereka dari “Peterpan” ke “NOAH”, misalnya, bisa menjadi gambaran dan mungkin juga bahan pelajaran bagi yang lain. Apa saja?

Siaran langsung
Pada 2 Agustus 2012, para penggemar Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David dapat menyaksikan secara langsung pengumuman nama “NOAH” sebagai pengganti “Peterpan” — di mana pun mereka berada. Mereka dapat menyaksikannya lewat channel Musica Studio’s di YouTube.

Mengganti nama pengguna di Twitter
Tidak lama setelah nama baru diumumkan, nama pengguna (username) di Twitter pun diganti. Yang sebelumnya @newpeterpanband diganti menjadi @NOAH_ID. Ini bagus, karena para follower tidak perlu repot memfollow akun dengan nama baru itu. Karena yang dilakukan oleh NOAH hanya mengganti username mereka, bukan membuat akun baru di Twitter.

Membuat halaman baru di Facebook
Kalau di Twitter mereka tinggal mengganti username, tidak demikian di Facebook. Sebuah halaman untuk NOAH sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya, dan diperkenalkan pada 5 Agustus 2012. Karena merupakan halaman baru, para penggemar harus mengklik “like” lagi.

Langkah ini mungkin akibat sejumlah aturan yang ditetapkan Facebook. Yaitu, halaman yang sudah mendapatkan lebih dari 200 “like” tidak bisa lagi berganti nama. Sudah begitu, username pun hanya boleh diganti sekali saja.

Mendaftarkan nama domain baru

Ini juga hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Selain bisa membingungkan, akan terkesan aneh juga jika sebuah band yang sudah punya nama baru tapi masih memakai alamat situs web dengan nama lama.

Pada 13 Agustus 2012, NOAH memperkenalkan domain baru noah-site.com untuk menggantikan domain sebelumnya, newpeterpanband.com. Domain baru itu telah didaftarkan sejak 2 Agustus 2012 lalu.

Membuat akun baru di YouTube
Sebuah band yang sering memperkenalkan video musik lewat akun di YouTube, tentunya perlu juga melakukan penyesuaian seiring pergantian nama. Karena YouTube hanya mengizinkan pergantian kotak “nama” tetapi tidak memperkenankan perubahan username, maka manajemen grup musik harus membuat akun baru di YouTube agar dapat memakai username baru.

NOAH sendiri masih menggunakan akun lama mereka di YouTube, namun tampilan namanya sudah diganti menjadi “NOAH Official”.

Tentunya semua hal di atas bukanlah aturan baku yang wajib dilaksanakan segera. Namun, akan lebih baik jika diperhatikan. Toh, demi kebaikan grup musik bersangkutan juga untuk tampil lebih maksimal di era Internet ini.

0 comments: