g Noah Band Official web | Berita NOAH Band | Info NOAH Band: Ariel NOAH - Jual CD Lewat KFC

TOP NEWS

Friday, August 31, 2012

Ariel NOAH - Jual CD Lewat KFC


image
NOAH (Foto: Wening Gitomartoyo)
Jakarta - Awal minggu ini, KFC Indonesia melalui akun Twitter dan Facebook-nya mengungkapkan bahwa mereka akan menjadi penjual resmi dan eksklusif album baru band NOAH, Seperti Seharusnya. Baik di Twitter dan Facebook, kabar itu juga dilengkapi dengan gambar sampul album tersebut.

Dini hari tadi (31/8), Nazril Irham atau Ariel selaku vokalis NOAH sedikit banyak menjawab ‘kekagetan’ banyak orang melalui situs Formspring lewat akun arielpersonal, setelah akun viviwahyuni menanyakan, “Kenapa memilih untuk jualan next album d k*c?”. Ia juga menyatakan kekecewaannya bahwa NOAH menunjuk KFC sebagai rekannya dalam hal pengedaran album.

Dalam jawaban yang terbilang panjang untuk ukuran rata-rata jawaban di Formspring, situs dengan format tanya jawab, secara garis besar Ariel menjelaskan bahwa langkah ini diambil sebagai tindakan yang realistis di tengah dahsyatnya perubahan industri musik Indonesia, juga dunia.

Dikutip dari jawaban Ariel, “…..Cara penjualan CD sendiri harus berubah, agar bertahan menghadapi perubahan yang mulai melumpuhkan industri mereka. Teknik penjualan CD melalui KFC hanyalah salah satu cara dari evolusi penjualan CD untuk bertahan hidup, di mana CD itu sendiri yang menghampiri pembelinya. Orang pun bisa menjalankan kebiasaan "sambil"-nya tadi, sambil makan, ada CD, beli. Itu lebih baik dibanding mencari di Internet lalu men-download gratis.”

Ariel terlihat mencoba menerangkan secara detail keadaan yang dihadapi oleh pihak label dan musisi dalam industri musik saat ini, seperti bagaimana label menanggung biaya besar pembuatan album, bagaimana pembajakan mempengaruhi mata pencaharian banyak orang, juga semakin menghilangnya kebiasaan orang membeli CD di toko musik.

Masuknya NOAH ke dalam daftar edar album melalui KFC menambah panjang catatan penyanyi dan band yang memilih untuk menyalurkan albumnya melalui restoran cepat saji ini. Perusahaan rekaman Music Factory Indonesia yang dibentuk pada tahun 2006 pertama kali merilis album kompilasi KFC Music Hit List, dan merilis album-album dari, antara lain, Last Child, Juliette, Umay dan Seventeen.

Dalam perjalanannya, MFI membentuk PT Swara Sangkar Emas untuk menampung lonjakan artis yang tertarik untuk mengedarkan albumnya melalui KFC, yang dilakukan melalui kerja sama dengan label 3rd party. Ini sudah dilakukan oleh, misalnya, Slank, Agnes Monica, Rossa, SM*SH, sampai Ello.

Hingga kini, walau beredar kabar burung bahwa tanggal rilis album NOAH adalah di pertengahan bulan September, kepastian itu belum didapatkan dari pihak label NOAH, yaitu Musica Studio’s.

Sebagai penutup jawabannya di Formspring, Ariel seolah menegaskan, “Sekali lagi, KFC hanyalah salah satu cara industri CD bertahan hidup, ada banyak orang yang harus bertahan hidup di industri ini. Saya yakin di kemudian akan ada cara lainnya, dan mudah-mudahan di kemudian hari juga orang-orang semakin menghargai karya-karya musik dengan tidak membajaknya.”

0 comments: